Kilas Pendidikan Edisi 21: Menyiapkan Anak Bersekolah Secara Holistik

Kesiapan bersekolah (school readiness) merupakan salah satu tujuan dalam penyelenggaraan pendidikan untuk anak usia dini 5-6 tahun (selanjutnya dinyatakan sebagai PAUD 5-6) yang diharapkan dapat menjadi landasan dalam membangun kesiapan anak belajar di sekolah dasar. Kesiapan bersekolah ini sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 dan menjadi sangat penting diperhatikan karena membawa dampak yang panjang (UNICEF, 2019; OECD, 2017; Heckman, 2013), baik untuk membangun kemampuan kognitif maupun non-kognitif (misalnya sosial-emosional, kemampuan belajar sepanjang hayat, dan sebagainya yang dikenal dengan sebutan soft skills). Banyak negara menggunakan indikator kesiapan bersekolah untuk menilai manfaat PAUD (OECD, 2017; UNICEF, 2012). Target 4.2 dari Sustainable Development Goals (SDGs) juga menekankan pentingnya kesiapan transisi ke SD ini dengan indikator angka partisipasi dalam program belajar yang terorganisir (satu tahun sebelum usia masuk SD yang resmi) sebagai masa untuk anak menyiapkan diri memasuki pendidikan formal.

Kajian selengkapnya dapat diunduh disini: